Sabtu, 29 Agustus 2015

Juhu Bakung

Juhu Bakung/ Sayur bakung

Sayur bakung adalah  tanaman yang hidup di air. Di Kalimantan Tengah banyak tumbuh, jenis bakung termasuk tanaman liar. Tetapi tidak semua tempat di tumbuhi tanaman ini. Bakung banyak tumbuh di daerah danau, pinggiran sungai atau tanah yang tergenang air.
Bagi sebagian masyarakat dayak yang tinggal di perkampungan sayur bakung ini bisa dijadikan hidangan makanan pada acara acara besar.
Berikut cara memasak sayur bakung:
yang perlu disediakan yaitu bahan utamanya bakung dan kelapa tua/santan kara sebagai santannya, karena sayur bakung paling cocok jika kuahnya diberi santan. Jangan lupa beri ikan sebagai pemanis rasa, oya daging juga bisa misalkan ayam atau iga sapi. Nah ikan atau daging itu yang membuatnya lebih enak.
Bumbu halus yang disedian untuk membuat sayur bakung/juhu bakung ini adalah bawang putih, bawang merah,kunyit, merica/lada, ketumbar, jahe, lengkuas, serai. Kalau tidak ada lengkuas dan serai juga tidak apa-apa.
Bahan pelengkap : kayu manis, daun salam dan bawang goreng.
Cara memasak sayur bakung:

  1. Siang bakung, ambil batang yang muda lalu cincang-cincang memanjang seperti batang korek api. Bakung yang sudah dicincang lalu direndam dengan air agar getahnya luntur. Warna air rendaman sayur bakung seperti air teh. Jangan dulu ditiriskan tunggu waktu hendak memasaknya baru di tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus dan bahan pelengkap kecuali bawang goreng. Setelah harum masukkan ayam atau iga sapi aduk-aduk setelah bumbu tercampur rata masukkan santan. Tunggu sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih masukkan sayur bakung. Tunggu sampai masak. Terakhir masukkan bawang goreng, garam dan gula.